Sunday 28 February 2010

Proyek Jam Digital dengan DS1307


Proyek pembuatan jam digital kali ini menggunakan DS1307, mikrokontroler yang digunakan adalah keluarga AVR tipe ATmega32. IC DS1307 ini adalah ic jenis Real Time Clock yang mampu memberikan data jam secara update perdetik, konfigurasi pinnya adalah sebagai berikut:



SOME FEATURES OF DS1307
1. Real time clock counts seconds,minutes,hours, date of month,moth, day of week and year with leap year compensation valid up to 2100
2. 56 byte nonvolatile RAM for general data storage
3. 2-wrire interface (I2C)
4. Automatic power fail detect
5. Comsumes less than 500 nA for battery back-up at 25'C


Alasan menggunakan ic ini karena komunikasinya menggunakan serial I2C, sehingga apabila menggunakan RTC12C887 akan membutuhkan banyak port untuk menghubungkannya. Battery lithium harus ditambahkan di rangkaian, karena ic ini tidak dilengkapi battery internal didalamnya. Battery ini digunakan untuk menggerakkan oscilator dan power supply untuk RAM sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang. Jadi apabila terjadi power off, data yang tersimpan tidak akan hilang dan otomatis akan selalu update, sehingga apabila ditampilkan lagi tetap akan mengikuti jam kondisi waktu yang sebenarnya. Memory yang terdapat dalam chip ini terbatas hanya sampai 56 byte yang bisa dipakai, apabila dirasa masih kurang bisa menggunakan EEPROM internal ATmega32 1024 byte.
Pada minimum sistem yang digunakan dalam proyek jam digital ini, PORTC digunakan untuk LCD, pada sedangkan PORTB.0 untuk SCL dan PORTB.1 untuk SDA.
Berikut ini adalah sourcecode yang digunakan untuk membaca RTC DS1307 program yang digunakan adalah CodeVision AVR Evaluation 2.03.9

Source 1dapat di download disini atau Source 2 disini
Reference : http://www.sixca.com/

No comments:

Post a Comment