Monday 4 February 2013

Aplikasi logika Fuzzy dengan Matlab Toolbox

Pembahasan tentang logika fuzzy merupakan hal menarik bagi mereka yang ingin menyelesaikan permasalah suatu sistem yang sulit dimodelkan secara matematis. Bagi pemula belajar tentang logika fuzzy perlu adanya sebuah tool untuk dapat menerpakan logika tersebut. Salah satu tool yang mudah dan umum digunakan adalah dengan menggunakan Matlab Fuzzy Logic Toolbox. Pada aplikasi logika fuzzy menggunakan Matlab ini yang perlu dipahami adalah bagian-bagian yang ada pada logika fuzzy. Bagian tersebut adalah fuzzifikasi, rule evaluasi dan defuzzyfikasi. 



Langkah-langkah untuk membuat logika fuzzy pada Matlab adalah :

1. Buka program Matlab, dan ketik pada command window >> fuzzy. 
 

2. Instruksi tersebut akan menampilkan fuzzy toolbox, seperti gambar dibawah ini :


3. Pada langkah ini, tentukan jumlah input dari fuzzy toolbox, dalam hal ini akan digunakan 2 buah input, caranya adalah pilih menu Edit > Add Variable pilih Input.


 4. Dalam kasus disini akan diambil, tentang sistem penerimaan karyawan dimana inputnya adalah hasil tes potensi akademik dan psikologi.


5. Letakkan kursor pada kotak input 1 dan double click pada kotak tersebut  atau pilih Edit > Membership Functions.


6. Atur Input 1 Range = 0..100, untuk MBF 1 : Name = Rendah, Type = trapmf (trapesium membership function), params = [0 0 20 50]. MBF2 : Name = Sedang, Type = trimf (triangle membership function), params = [20 50 80]. MBF 3 Name =Tinggi, Type = trapmf , params = [50 80 100 100]. Detail hasilnya  seperti gambar dibawah ini :

 

 7. Klik kotak input 2 dan ulangi langkah no.6.


 
 8. Klik kotak output untuk mengatur nilai membership functions pada output.


9. Atur Range = 0..100, untuk MBF 1 : Name = Ditolak, Type = trapmf , params =   [0 0 20 40]. MBF2 : Name = Dipertimbangkan, Type = trapmf, params =  [10 40 60 90]. MBF 3 Name = Diterima, Type = trapmf , params =  [60 80 100 100]. Detail hasilnya  seperti gambar dibawah ini :


10. Setelah semua mbf input maupun output diatur sesuai dengan kebutuhan maka pengaturan terakhir adalah bagian rule evaluasi atau aturan fuzzy, caranya pilih menu Edit > Rules, deatil caranya seperti gambar dibawah ini :


11.  Pada contoh kasus untuk sistem penerimaan karyawan disini rule evaluasinya adalah seperti ditunjukkan gambar dibawah ini, untuk mendapatkan rule evaluasi seperti ini adalah dengan memilih pasangan rule evaluasi untuk pasangan input 1, input 2 dan output. Caranya adalah pilih input 1, input 2 dan output kemudian klik Add rule, apabila terjadi kesalahan pilih rule evaluasi kemudian klik Delete rule.


 12. Setelah selesai semua, pilih menu View > Rule.


13. Hasil dari sistem yang dibangun menggunakan fuzzy dapat, pada contoh kasus penerimaan karyawan ini adalah seperti gambar dibawah ini. Apabila ingin melihat hasil output logika fuzzy, maka garis merah pada input 1 dan input 2 dapat digeser yang otomatis nilai output akan berubah mengikuti nilai-nilai input tersebut.
 
Pada artikel ini nilai range, nilai mbf, type mbf dan susunan rule evaluasi hanya sebuah contoh kasus untuk sistem penerimaan karyawan dari dua jenis test. Jika dibuat dalam bentuk sistem yang berbeda perlu adanya penyesuaian komponen yang membangun logika fuzzy tersebut.

Aplikasi logika fuzzy dengan menggunakan Matlab Fuzzy Toolbox sangat membantu bagi mereka yang baru belajar. Logika fuzzy sebagai pemrosesan disini berguna untuk membantu tugas dari manusia dimana tugas yang dibangun menggunakan sistem ini terkadang sulit untuk dibuat model matematisnya. Pada prakteknya sistem logika fuzzy ini akan ditanamkan dalam sebuah mesin, mesin yang dimaksud disini adalah komputer. Padahal tidak semua mesin yang dipergunakan berwujud komputer, bisa jadi dalam bentuk smartphone, microcomputer, microcontroller dan embedded system yang lain. 

Berdasarkan hal tersebut perlu adanya untuk belajar tentang logika fuzzy mulai dari dasar, yaitu tentang metode, modeling matematis serta soft computing, sehingga apapun hardware dan software nya logika fuzzy akan tetap bisa dijalankan.

---Insyaallah dapat bermanfaat---
 

2 comments: