Sunday 17 February 2013

Grafik pada VS 2008

Program aplikasi yang kita buat terkadang memerlukan grafik atau chart untuk melihat data dari sudut yang berbeda. Program yang memerlukan tampilan grafik ini dibutuhkan apabila kita menginginkan menampilkan data berdasarkan waktu tertentu. Data yang memerlukan tampilan bentuk grafik misalnya kurs mata uang, fluktuasi saham, jumlah kendaraan perhari dan masih banyak lagi.

Dalam bidang elektronika industri tampilan grafik ini dibutuhkan misalnya untuk aplikasi Pengolahan Sinyal Digital (Digital Signal Processing), respon sistem kontrol, data sensor dan lain sebagainya yang masih terkait dengan bidang ini. Apabila program aplikasi yang digunakan adalah visual studio 2008, tool yang menyediakan grafik ini tidak tersedia, berbeda dengan versi update nya 2010, tool ini telah embedded didalamnya. Bagi yang masih menggunakan OS win XP hal akan kesulitan apabila meng-install visual studio 2010. 

Berdasarkan hal tersebut maka pembahasan kali ini akan menyajikan sedikit teknik untuk membuat grafik dengan menggunakan add-on gratisan plotlab yang dikeluarkan oleh mitov pada visual studio 2008. Alasan menggunakan visual studio 2008 agar materi ini dapat mengakomodir programer yang masih mempertahankan OS-nya dengan win XP, meskipun sebenarnya win 7 juga dapat di-install program ini.

Langkah awal untuk mendapatkan program add-on ini adalah download program plotlab sesuai dengan versinya, untuk visual studio 2010 download disini dan untuk 2008 bisa ditemukan disini. Apabila ingin mengetahui apakah instalasi berhasil kita lakukan maka buat project baru dan ambil scope yang terdapat pada toolbox plotlab.


Gunakan trackbar dengan mengatur properties untuk orientation = vertical, maximum = 100 dan minimum = -100, kemudian ambil timer pada toolbox dan atur Enable = True. 


Tambahkan channel dengan cara klik kanan pada Scope, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

 
Pilih Edit Channels kemudian Add, seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini. Apabila diinginkan bentuk sinyal yang lain maka perlu mengatur Channel properties.


Program yang diperlukan untuk menguji performa tool tersebut adalah :

sourcode VB
 Public Class Form1
    Dim x1(1000) As Double

    Dim i As Integer
    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        i = i + 1
        x1(i) = TrackBar1.Value
        Scope1.Channels(0).Data.AddXYPoint(i, x1(i))
    End Sub
End Class
 
 
sourcode VC#
public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            double[] x1 = new double[1000];
            for (int i = 0; i <= 50; i++)
            {
                x1[i] = 2 * (Math.Exp(i * 0.1));
               
                scope1.Channels[1].Data.AddXYPoint(i, x1[i]);
            }
        }
    }


Setelah dilakukan compile program hasilnya adalah :


Semoga apa yang saya sajikan ini dapat membantu :)

Referensi :
  1. http://www.mitov.com/

4 comments: